Loading

Arsitek atau desainer interior pasti sudah tak asing dengan blueprint. Blueprint atau cetak biru merupakan rancangan (modeling) rumah atau gedung yang hendak dibangun yang nantinya akan diberikan pada jasa kontraktor.


Blueprint menjadi metode standar yang digunakan untuk menyalin gambar konstruksi yang tediri dari garis purih dengan latar belakang biru. Dilihat dari sejarahnya, blueprint ditemukan pada tahun 1842.


Awalnya gambar yang disalin dibuat di atas kertas transparan dan kertas sensitif dengan campuran besi ammonium sitrat dan kalium ferricyanide, dimana kertas sensitif dipaparkan ke cahaya dan dicuci dalam air. Proses inilah yang akan menghasilkan citra negatif sehingga gambar akan muncul dengan background warna biru tua.


Ada beberapa alasan mengapa blueprint sangat dibutuhkan.


Memberikan gambaran lebih real sehingga semua pihak bisa memahami rancangan gambaran.
Melihat visual dan membayangkan bangunan dari banyak sisi.
Membantu budgeting pembangunan lebih akurat karena dapat memprediksi bangan baku dan ukuran lebih tepat.


Kalau dilihat dari sejarahnya membuat blueprint memang menghabiskan banyak waktu. Namun, sekarang Anda bisa cetak blueprint dengan cepat di Snapy. Blueprint dapat dicetak dalam ukuran A2, A1, dan A0 dengan bahan kalkir ataupun HVS dimulai dari Rp12.500. Cetak blueprint jadi lebih cepat lewat snapy.co.id. Login dan lakukan pemesanan atau hubungan CS Snapy.