Memilih Model Wallpaper Rumah Minimalis

img

Jika Anda merasa bosan dengan tampilan dinding ruangan rumah Anda yang itu-itu saja alias monoton? Sepertinya Anda harus segera memikirkan bagaimana caranya agar memecah kesan monoton di dinding Anda. Nah, salah satu cara yang cukup efektif adalah melapisi dinding Anda dengan sebuah kertas pelapis dinding atau biasa yang disebut wallpaper.Hadirnya wallpaper di salah satu dinding rumah minimalis dapat memperindah kesan ruangan yang lebih ekspresif. Beragam model wallpaper dari corak, motif, dan warna wallpaper sangat beragam sehingga membuat dinding terlihat lebih hidup. Selain memberi nuansa yang “hidup” wallpaper juga dapat digunakan untuk menutupi kekurangan atau kerusakan dinding, misalnya keretakan atau gelombang. Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan pada saat memilih model wallpaper untuk rumah minimalis Anda.

1. Tentukan Ruangan. Hal ini penting karena di ruangan itulah wallpaper akan dipasang, Fungsi ruang sangat berpengaruh pada motif yang akan digunakan. Beberapa ruangan rumah memiliki karakteristiknya dan fungsinya masing-masing, kamar mandi, ruang tamu, ruang tidur. Kamar mandi jarang diberikan wallpaper karena dindingnya selalu basah, Namun berbeda dengan ruang tamu yang Anda bisa lebih eksplorer terhadap gaya yang digunakan.


2. Luas Ruangan. Tentu kontradiksi antara dinding dan wallpaper adalah hal yang harus Anda hindarkan. Disini lah faktor luas ruangan berperan, seperti untuk ruang kecil, dapat menggunakan wallpaper dengan garis horizontal agar ruangan terlihat besar. Sebaiknya tidak memilih motif besar dan ramai untuk ruang sempit. Untuk ruang luas, pilih wallpaper berwarna gelap atau hangat, misal coklat. Ruangan akan terkesan hangat dan nyaman.


3. Memilih Motif Wallpaper. Permainan motif di sebuah ruang bisa membuat ruang tersebut tampil lebih menarik. Memilih motif terkait dengan tema ruang, Namun, secara umum terbagi menurut ukurannya, yakni motif besar dan kecil. Untuk ruang tidur misalnya, ada baiknya menghindari pengunaan motif berpola besar dengan bentuk dan kecil. Untuk ruang tidur misalnya, hindari penggunaan motif berpola besar dengan bentuk dan warna-warna kontras. Pilih motif kecil-kecil dengan warna lembut dan menenangkan.


4. Pemilihan Warna. Pemilihan warna dapat mempengaruhi perasaan terhadap ruangan maupun merubah persepsi terhadap ruangan. Seperti di ruang tidur, tentu dibutuhkan suasana yang tenang untuk beristirahat. Jadi, pilihan warna dingin, seperti gradasi biru atau hijau.


5. Jenis wallpaper. Jenis wallpaper penting untuk diketahui, ada baiknya jika hindari pemakaian wallpaper yang sulit dirawat. Misalnya, wallpaper natural kurang cocok diletakkan di koridor yang sering dilewati orang karena wallpaper natural biasanya berupa anyaman dan bertekstur sehingga benda-benda akan mudah tersangkut pada permukaan wallpaper jenis ini.