Macam-macam Totebag berdasarkan jenis bahannya

Totebag atau goodie bag merupakan tas jinjing yang didesain berbentuk kotak dan dibuat tanpa resleting. Sama seperti tas selempang, totebag juga dilengkapi dengan tali pegangan di kedua sisi kantung dan memiliki posisi yang sejajar di kedua sisi kantung. Meskipun begitu tali pegangan pada totebag lebih pendek dan praktis.

Mengingat gerakan tanpa plastik yang sedang dicanangkan oleh pemerintah saat ini, tentunya totebag menjadi salah satu solusi pengganti plastik ketika kita sedang berbelanja. Selain belanja, totebag juga mulai digunakan sebagai souvenir baik untuk pernikahan maupun acara-acara tertentu.



Dari segi bahan, tentunya totebag dibagi berdasarkan penggunaan bahan-bahan tertentu untuk membuat totebag. Bahan-bahan tersebut antara lain:


1. Kanvas
Kanvas terbuat dari mori yang sudah melewati tahap pemutihan dan menghasilkan warna keabu-abuan atau putih gading. Kanvas mempunyai tekstur lebih halus, lebih tebal dan tidak kaku, sehingga sering digunakan sebagai bahan utama untuk membuat totebag.


2. Blacu
Sama seperti kanvas, blacu juga terbuat dari mori. Meskipun begitu, kain blacu belum memasuki tahap pemutihan. Teksturnya agak kasar dan agak tipis dari kanvas, namun lebih fleksibel sehingga jadi lebih mudah untuk dibentuk. Harganya yang murah dan bisa diberi warna menjadi salah satu andalan kain blacu.


3. Spunbond
Spunbond terbuat dari serat panjang yang diolah dengan kombinasi bahan kimia dan cat pelarut yang dipanaskan. Meskipun kain spunbound tidak sekuat kanvas atau blacu dan mudah rapuh, tetapi harganya jauh lebih murah sehingga bisa digunakan sebagai pengganti kantong plastik.


4. Drill
Drill terbuat dari serat dan garis-garis miring yang terbuat dari campuran katun dengan polyester. Totebag berbahan drill tidak mudah kusut, kuat, dan tidak mudah pudar. Harganya sedikit mahal mengingat ada katun dalam campuran seratnya, tetapi tampilannya jauh lebih elegan.