Macam-Macam Poster Beserta Dengan Kegunaannya

Poster adalah desain grafis yang memuat kombinasi gambar dan huruf di atas kertas berukuran besar atau kecil dan menjadi salah satu media publikasi untuk memberikan informasi kepada khalayak ramai.

Biasanya poster selalu ditempel di dinding atau di permukaan datar lainnya. Sebagai salah satu media publikasi, poster didesain menggunakan warna-warna yang lebih kuat sehingga mampu menarik perhatian khalayak ramai untuk melihat poster tersebut.

Poster biasanya dipasang ditempat-tempat umum yang selalu dilewati banyak orang, mulai dari sekolah, pasar, dan lain-lain. Poster memiliki berbagai aneka macam sesuai dengan tujuan dan isinya.


Macam-macam poster berdasarkan isinya


1. Poster Niaga
Poster niaga biasanya dibuat oleh perusahaan untuk menjual dan mempromosikan suatu produk atau jasa yang telah dibuat.


2. Poster Pendidikan
Poster yang dibuat untuk memberikan pengarahan dan pendidikan kepada masyarakat tentang hal-hal tertentu.


3. Poster Kegiatan
Poster kegiatan dibuat agar orang-orang dapat mengetahui informasi suatu kegiatan yang akan dilaksanakan, sehingga nantinya menarik minat orang-orang untuk menghadiri kegiatan tersebut.


4. Poster Layanan Masyarakat
Poster yang berisikan informasi pelayanan-pelayanan yang memudahkan masyarakat ke depannya.


5. Poster Karya Seni
Poster karya seni memiliki isi yang ekspresif sehingga poster tersebut diinterpretasikan berbeda-beda oleh setiap orang yang melihatnya.



Macam-macam poster berdasarkan tujuannya


1. Poster Propaganda
Poster yang dibuat untuk mempengaruhi orang lain, seperti memberikan motivasi hidup kepada masyarakat umum atau hal-hal lainnya selama pengaruh tersebut bersifat positif.


2. Poster Kampanye
Poster yang digunakan oleh para calon wakil rakyat untuk menarik simpati masyarakat dan mau memilihnya ketika waktu pemilihan telah tiba.


3. Poster Film
Poster yang dibuat oleh para pembuat film sehingga masyarakat akan tertarik untuk menontonnya setelah film tersebut telah tayang.


4. Poster Cheesecake
Poster yang dibuat untuk menarik perhatian orang yang melihatnya karena memiliki gambar-gambar yang menarik perhatian seperti selebriti, penyanyi, atau yang lainnya.


5. Poster Dicari
Poster yang digunakan untuk mencari orang ataupun benda-benda yang diperlukan. Bisa juga digunakan untuk mengumumkan orang ataupun benda-benda yang hilang.


6. Poster Komersil
Fungsinya sama seperti poster niaga, digunakan untuk kepentingan komersil perusahaan.


7. Poster Afirmasi
Fungsinya sama seperti poster propaganda, tetapi lebih sering digunakan untuk untuk memberikan motivasi.


8. Poster Kelas dan Riset
Poster yang sering ditemukan di sekolah dengan tujuan untuk memberitahukan informasi terkini dalam dunia Pendidikan, termasuk penelitian-penelitian yang sekiranya berguna bagi masyarakat nantinya.