4 Tips membuat kop surat yang menarik

img

1. Dapatkan Dasar yang Benar
Setiap desainer tahu bahwa halaman kosong kadang-kadang bisa sangat menakutkan. Tapi sebelum Anda memulai dengan membuang semua yang Anda miliki di halaman, luangkan waktu.

Pertama, pastikan Anda menggunakan perangkat lunak terbaik untuk pekerjaan itu. Word atau Pages baik untuk tata letak super sederhana, namun ini akan membatasi saat menggunakan grafis atau tata letak teks yang tidak biasa.

Sebuah program yang disesuaikan untuk menciptakan layout penerbitan yang lebih fleksibel adalah pilihan yang jauh lebih baik dan akan membantu Anda mengembangkan desain Anda lebih profesional. Adobe InDesign mungkin adalah program yang paling sesuai untuk membuat tata letak kop surat (atau mencoba Quark xPress sebagai alternatif yang lebih murah), namun Illustrator juga merupakan pilihan tepat untuk membuat tata letak satu halaman.


Jika Anda bertekad untuk menggunakan Photoshop, ingatlah untuk menyiapkan kanvas Anda sampai 300 DPI untuk menghindari kekaburan atau pixelasi saat Anda mencetak. Masih bingung software mana yang bisa digunakan? Pilihlah perangkat lunak yang Anda rasa paling nyaman dengan menggunakan - Anda akan merasa lebih percaya diri dengan menyusun tata letak, dan hasilnya akan lebih baik.


Kedua, Anda perlu mempertimbangkan ukuran kop surat Anda. Ada ukuran standar untuk kop surat menurut wilayah. Mengirim surat di Amerika Serikat atau Kanada? Atur halaman Anda ke ukuran US Letter (215,9 dengan 279,4 mm, atau 8,5 x 11 inci). Di sebagian besar negara lain, ukuran huruf standar adalah A4 (210 x 297 mm, atau 8,27 x 11,7 inci) . Jika Anda ingin memasukkan surat Anda ke dalam amplop berukuran standar (yang disarankan - ini lebih ekonomis untuk dicetak atau dibeli), Anda harus menggunakan salah satu dari ukuran standar ini.


Terakhir, pikirkan grid tata letak Anda. Tentu, kop surat tidak serumit seperti sampul poster atau majalah, tapi masih memerlukan struktur grid sederhana (memecah halaman menjadi bagian persegi atau persegi panjang). Lihatlah kop surat lain yang dirancang dengan baik dan perhatikan grid yang mereka gunakan.


Kop surat ini mungkin tampak sangat sederhana, tapi Anda bisa melihat bagaimana grid dipertimbangkan dengan cermat. Ini dibagi secara horizontal menjadi tiga, dan sepertiga teratas telah sepenuhnya dikhususkan untuk logo dan area keseimbangan ruang putih, sementara yang ketiga didominasi oleh sebagian besar teks surat.


2. Beri Border yang Indah
Teknologi percetakan telah berkembang pada tingkat yang fenomenal selama beberapa dekade terakhir, dan sekarang Anda akan menemukan pencetakan berkualitas tinggi dan bermutu tinggi sangat berharga baik jika Anda memilih pencetakan profesional atau mencetak dari rumah dengan printer rumahan mutakhir


Jangan merasa bahwa Anda harus membatasi diri Anda pada tata letak monokromatik minimal untuk kop surat Anda - penggunaan warna secara kreatif benar-benar dapat menambahkan elemen yang menonjol pada desain Anda dan menarik perhatian pembaca.


Dengan kata lain, Anda ingin mengenalkan warna pada tata letak Anda dengan cara yang elegan, tanpa mengalihkan perhatian dari isi surat Anda, yang merupakan elemen terpenting di halaman ini. Border adalah cara terbaik untuk melakukan ini, dan dengan printer rumah yang lebih modern dapat mencetak ke tepi lembaran, ini adalah pilihan bagus untuk menambahkan warna pada desain Anda dengan cara pengupas.


Border juga membantu membingkai konten lapisan Anda, dan dengan demikian menarik perhatian pada teks. Border yang dirancang dengan baik bertindak dengan cara yang sama seperti bingkai foto dengan indah akan memamerkan lukisan, membantu memusatkan perhatian pemirsa ke konten di tengah tata letak.


3. Beri Kop Surat Anda dengan Logo
Sedikit promosi diri tidak pernah menyakiti siapa pun, tapi pernahkah Anda mempertimbangkan untuk membuat desain merek yang lengkap untuk Anda sendiri? Jika Anda melamar peran kreatif, mencoba menarik lebih banyak klien, atau sekadar ingin mendapatkan pertolongan di jenjang karir, menciptakan merek adalah cara untuk memberi tahu pembaca bahwa Anda serius dengan pekerjaan Anda.

Logo adalah cara terbaik untuk memulai dengan menciptakan merek Anda, dan ini bisa menjadi proses yang cepat dan sederhana. Jelajahi konsep sederhana, dengan menggunakan huruf inisial atau tanda tangan Anda sendiri, untuk membuat logo yang secara mengesankan mengungkapkan siapa Anda dalam satu grafik. Kop surat ini adalah contoh bagus dari desain merek sederhana.


4. Jangan Malu-Malu dengan Warna
Warna adalah cara yang paling efektif untuk memanipulasi dampak psikologis kop surat Anda. Bila calon atasan membuka amplop Anda, seberkas warna benar-benar dapat mengatur pola bagaimana mereka melihat surat Anda. Warna terang utama seperti kuning, biru dan merah adalah penata mood instan dan terasa asertif dan positif.