Ketahui Jenis Kaos yang Menjadi Pakaian Sehari-hari Kita


Kaos menjadi salah satu pakaian yang sering dikenakan oleh banyak orang. Selain bentuknya yang sederhana, tentunya kaos lebih mudah dan lebih nyaman untuk dikenakan.


Macam-macam kaos berdasarkan bentuknya akan dijabarkan di bawah ini.


1. Kaos Oblong (T-Shirt)
T-Shirt dulunya digunakan sebagai pakaian dalam yang digunakan oleh pasukan militer Inggris dan Amerika pada awal abad ke-19. Biasanya t-shirt digunakan untuk latihan dan cuaca yang cukup panas. Karena bentuknya seperti huruf T makanya kaos oblong dinamakan sebagai t-shirt.

T-shirt juga memiliki berbagai macam bentuk yang akan dijelaskan di bawah ini.

- T-Shirt O-Neck
Kaos yang paling sering ditemukan adalah kaos dengan lubang leher O. Dinamakan O-neck karena lubang lehernya sendiri berbentuk seperti huruf O.

- T-Shirt V-Neck
Dinamakan V-Neck karena memiliki lubang leher yang berbentuk seperti huruf “V”. Huruf V terbentuk dari dua garis yang bertemu di sekitar dada atas.

- T-Shirt U-Neck
Dinamakan U-Neck karena berbentuk tidak bulat layaknya O-Neck dan tidak membentuk sudut huruf V layaknya V-Neck.

- T-Shirt Y-Neck
T-shirt Y-Neck merupakan kaos V-Neck yang memiliki belahan ke bawah hingga ke dada dan dilengkapi kancing seperti kaos berkerah.

- T-Shirt Turtleneck
Kaos Turtleneck memiliki lubang leher yang panjang menyerupai leher kura-kura. Kaos turtleneck merupakan kaos O-Neck, dengan ribs (bahan pinggiran lubang leher) yang jauh lebih panjang.


2. Kaos Raglan
Kaos Raglan sepintas memiliki desain yang sama dengan kaos oblong (t-shirt). Tetapi kaos raglan memiliki pola berbeda yang bisa dilihat pada pola sambungan tangan. Jika kaos oblong memiliki sambungan tangan yang tegak lurus dari ketiak ke pundak luar, maka kaos raglan memiliki sambungan miring dari ketiak langsung ke lubang leher sehingga memiliki pola tangan yang lebih besar. Biasanya warna kaos di bagian badan berbeda dengan warna kaos di bagian lengan.

Kaos raglan memiliki dua macam bentuk berdasarkan bentuk lubang leher, yakni kaos raglan O-Neck dan kaos raglan V-Neck. Kedua bentuk ribs pada kaos raglan juga sama dengan bentuk ribs pada kaos t-shirt.


3. Kaos Kerah / Wangky (Polo Shirt)
Kaos Kerah/Wangky (Polo Shirt) adalah kaos yang memiliki kerah sebagai bahan pinggiran lubang leher. Jika dilihat sekilas, biasanya kaos kerah memiliki lubang leher mirip seperti Y-neck pada kaos oblong, terdapat belahan ke bawah hingga ke dada dan memiliki kancing untuk menutup belahan.