3 Tips Membuat Desain Kalender Yang Baik

img

1. Pemilihan Tema yang Baik dan Konsisten
Tema sebuah kalender mewakili perusahaan/bisnis anda, penggunaan warna, grafis maupun gambar harus mewakili perusahaan/bisnis anda. Maka dari itu pastikan anda memilih tema tepat untuk bisnis anda dan pastikan juga desain kalender anda memiliki tampilan yang konsisten dari januari sampai desember. Karena jika jika tema kalender anda tidak konsisten akan terlihat tidak menarik dan tidak enak dipandang, audience lebih tertarik dengan tema kalender yang konsisten dari laman awal sampai laman terakhir.
Anda juga perlu memastikan tema kalender anda tidak terlalu komersial(jualan) atau bersifat korporasi, karena harus menarik bagi audience agar dapat digunakan sehari-hari.



2. Pemilihan Gambar Yang Baik
Pilihlah gambar yang memiliki kualitas dan resolusi yang tinggi sehingga kalender anda terlihat tajam dan menarik bagi audience anda. Hindari penggunaan gambar yang berlebihan pada kalender anda karena akan terlihat mengganggu dan berantakan serta akan sulit menemukan gambar yang konsisten dan cocok digunakan pada kalender.
Gunakanlah maksimal 7 gambar disetiap halaman kalender anda dan gunakan gambar yang berhubungan dengan perusahaan/bisnis anda, intinya gunakan gambar sesuai kebutuhan hanya untuk memberi informasi kepada audience.


3. Buat lebih Minimalis
Buatlah desain kalender anda lebih minimalis berikan juga ruang dan jarak yang pas untuk elemen-elemen yang ada pada kalender anda, hal ini akan membuat kalender anda lebih hidup dan enak dipandang.
Hindari penggunaan efek-efek berlebih seperti efek transparan dan gradasi warna yang berlebihan, karena trend yang berkembang sekarang lebih ke arah minimalis maka dari itu desain kalender yang anda buat pun harus mengikuti tren yang anda sehingga desain kalender anda terlihat lebih up to date.