Jenis-jenis Finishing pada Kartu Nama


Setiap kartu nama yang telah selesai dicetak tentunya harus melewati proses finishing agar kartu nama kamu terlihat lebih menarik dan memberikan kesan eksklusif. Kartu nama masih menjadi salah satu media promosi cetak yang cukup efektif hingga saat ini, seperti pemilik usaha yang menyediakan kartu nama sebagai media untuk memperkenalkan diri beserta dengan bisnis yang dijalankan.


Beberapa teknik finishing kartu nama akan dijabarkan di bawah ini.


1. Laminating Doff dan Glossy
Laminating merupakan proses pelapisan bahan kertas dengan plastik tipis agar kertas tidak mudah rusak. Tekni laminating ini sendiri memiliki dua macam. Pertama yaitu menggunakan lapisan doff yang begitu lembut sehingga kartu nama terlihat mengkilat dan natural. Kedua menggunakan lapisan glossy berupa bahan plastik yang mengilat, licin, dan memantulkan sinar.


2. Hot Print
Teknik finishing ini menggunakan kertas tinta emas atau perak ketika sedang pressing pada cetakan agar kertas tinta emas atau perak tersebut menempel pada cetakan. Teknik ini mampu membuat kartu nama kamu terlihat mewah, elegan, dan eksklusif.


3. Emboss dan Debos
Teknik finishing emboss dan debos sejatinya membuat kartu nama kamu memiliki tekstur tiga dimensi. Bedanya untuk teknik finishing dengan emboss yaitu membuat tulisan pada kartu nama terlihat lebih menonjol atau timbul, sedangkan teknik finishing debos membuat tulisan kartu nama terlihat menjorok ke dalam atau tenggelam.


4. UV Spot dan Varnish
Sepintas kedua teknik ini mirip seperti teknik laminating karena kertas kartu nama akan dilapisi. Perbedaannya, UV spot dan varnish menggunakan cairan. Teknik ini mampu membuat kartu nama kamu terlihat halus dan mengkilat. Tetapi UV spot lebih sering digunakan untuk menonjolkan bagian tertentu dari kartu nama kamu semisal nama perusahaan.


5. Die Cut dan Pond
Teknik finishing kartu nama ini lebih condong pada pemotongan bahan. Ada dua tipe pada teknik pemotongan bahan ini. Teknik pertama yakni teknik die cut, di mana teknik ini memotong kertas sesuai bentuk yang diinginkan. Teknik ini biasanya mengikuti desain yang dicetak dan menggunakan mesin khusus agar terlihat lebih rapi. Teknik kedua yakni teknik pond di mana teknik ini memotong kertas sesuai bentuk yang diinginkan, namun tidak sampai membuat potongan kertas terpisah. Dengan teknik ini, potongan kertas tersebut otomatis memiliki tekstur yang lembut dan mudah dilipat.


Beberapa teknik finishing di atas bisa kamu terapkan pada kartu namamu agar terlihat lebih menarik. Pilihlah teknik yang sesuai dengan desain dan kebutuhan kamu.