Inilah Beberapa Aplikasi yang Sering Digunakan dalam Desain Grafis


Dalam dunia percetakan, tentu tidak lepas dari yang namanya desain grafis. Desain grafis menjadi sebuah penunjang dari sebuah produk yang akan dicetak nantinya agar produk tersebut terlihat jauh lebih menarik.


Jika kamu sudah berkecimpung dalam dunia desain, maka aplikasi ini sudah tidak asing bagi kamu. Namun bagi kamu yang baru memulai dan awam dengan aplikasi tersebut, maka Snapy akan menjabarkan beberapa aplikasi yang sering digunakan dalam dunia percetakan di bawah ini.


1. Adobe Photoshop
Walaupun Adobe Photoshop sering digunakan oleh para fotografer untuk memanipulasi atau memperbaiki sebuah foto agar terlihat lebih menarik, namun Adobe Photoshop juga sangat bisa diandalkan untuk kebutuhan desain grafis seperti membuat banner, desain logo, tipografi, dan kebutuhan desain lainnya.


2. Corel Draw
CorelDraw termasuk dalam aplikasi yang sering digunakan dalam dunia desain. Selain lebih cepat dan dinamis, tools yang tersedia juga banyak sehingga memudahkan desainer untuk membuat objek berbasis vektor. Tentunya tools tersebut juga mudah untuk digunakan.


3. Adobe Illustrator
Adobe Illustrator biasa lebih sering digunakan untuk membuat logo, tipografi, hingga sketsa. Bahkan aplikasi ini juga mampu untuk membuat desain berbasis vektor. Beberapa plugins dan tools membuat desain kamu jauh lebih baik.


4. Adobe InDesign
Adobe InDesign lebih sering digunakan untuk membuat buku dan majalah baik cetak atau online, brosur, hingga poster. Selain toolsnya yang mudah untuk digunakan, fleksibilitas software ini cukup bagus untuk drag-drop pada layer dan mengubah ukuran gambar dengan mudah.


5. GIMP (Gnu Image Manipulation Program)
Software yang juga sering disebut sebagai alternatif Photoshop juga sering digunakan karena fiturnya yang lengkap dan mudah digunakan bahkan untuk pemula. Tampilan yang modern serta kualitas grafis yang mumpuni membuat hasil desain grafis yang dibuat menjadi jauh lebih berkualitas.


6. Inkscapes
Inkscape juga digunakan untuk membuat gambar berbasis vektor yang menggunakan format file SVG. Tampilan antar muka yang sederhana dan mudah digunakan juga menjadi pilihan bagi para desainer untuk membuat desain grafis. Inkscapes juga berkapasitas ringan dan gratis, sehingga komputer generasi lama masih bisa menggunakan aplikasi ini.


7. AAA Logo
Jika kamu tidak terbiasa dengan Corel Draw, maka AAA Logo bisa menjadi pilihan untuk membuat logo yang keren secara mudah, cepat, dan praktis. Cukup pilih template logo yang diinginkan dan beri sedikit tambahan agar terlihat lebih menarik.