Ini Dia Jenis Bahan Kain yang Digunakan Pada Kaos

Setiap macam barang jadi umumnya menggunakan bahan mentah tertentu agar bisa menghasilkan sebuah barang yang bisa digunakan. Begitupun juga dengan pakaian, sebuah pakaian tidak akan jadi tanpa ada bahan mentah yang digunakan berupa kain.

Setiap macam barang jadi umumnya menggunakan bahan mentah tertentu agar bisa menghasilkan sebuah barang yang bisa digunakan. Begitupun juga dengan pakaian, sebuah pakaian tidak akan jadi tanpa ada bahan mentah yang digunakan berupa kain.

Meskipun begitu, setiap kaos pastinya menggunakan berbagai macam kain yang berbeda. Beberapa jenis bahan kain pada kaos ini yang kerap digunakan untuk menjadi kaos yang berkualitas.


1. Katun Combed
Bahan katun combed dibuat dari 100% serat kapas murni yang lebih halus, lebih rata dan lebih rapi ketika dirajut, tidak berbulu, serta terasa nyaman dan adem. Bahkan kaos dengan kain ini tidak mudah kusut dan luntur ketika dicuci, serta memudahkan proses penyablonan. Berdasarkan ketebalan kain dari jenis benang yang digunakan dan setting gramasinya (gr/m2), katun combed memiliki 3 tingkatan, yakni katun combed 20s, 24s, 30s dan 40s. Semakin besar angkanya, maka akan semakin tipis bahannya, dan harganya akan semakin mahal.


2. Cardet
Dibandingkan dengan katun combed, bahan cardet memiliki serat benang yang kurang halus dan kurang rata ketika dirajut. Meskipun begitu karena harganya yang murah, kaos ini masih tetap nyaman untuk digunakan, serta tidak mudah kusut dan luntur. Kaos dari cardet lebih banyak dibuat untuk menyasar pasar menengah ke bawah, seperti seragam buruh hingga kaos untuk karyawan pabrik.


3. Viscose
Viscose atau lebih sering disebut sebagai rayon merupakan kain dari bahan serat selulosa sintesis organik (buatan manusia) yang mirip seperti kapas. Kain dengan kelembaban yang lebih tinggi ini dipakai untuk menambah kecerahan terhadap warna dan kenyamanan pada serat sintesis, serta menambah kesan mewah karena harganya yang lebih mahal dan jarang tersedia di pasaran.


4. Polyester
Kain polyester merupakan kain berbahan serat sintetis fiber poly yang terbuat dari ester (hasil olahan sampingan dari minyak bumi yang menghasilkan biji plastik). Sayangnya kaos berbahan polyester tidak dapat menyerap keringat dan terasa panas ketika dikenakan. Meskipun begitu, kaos berbahan polyester lebih kuat dan tahan lama ketika direndam dalam jangka waktu yang panjang.


5. Hyget
Kain Hyget memiliki harga yang sangat murah karena terbuat dari plastik dan ketebalannya sangat tipis. Cocok untuk digunakan ketika ingin membuat kaos dalam jumlah yang sangat besar tanpa harus mengeluarkan banyak biaya. Kain Hyget lebih elastis namun lebih berat jika dibandingkan dengan spandex biasa.