Aneka Macam Stempel yang Sering Digunakan dalam Usaha

Di setiap bidang pekerjaan mulai dari yang kecil hingga besar sekalipun, stempel menjadi salah satu peralatan yang tidak pernah lepas dari setiap kegiatan. Stempel seringkali digunakan sebagai legalisasi sebuah dokumen, mulai dari tanda terima, tanda resmi pemilik toko, meresmikan status dokumen, dan berbagai kegunaan lainnya.

Stempel dapat dipesan sesuai dengan kebutuhan. Tapi tahukah kamu bahwa stempel pun memiliki berbagai macam jenis yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan. Beberapa macam jenis stempel bisa kamu lihat di bawah ini.



1. Stempel Runaflek
Stempel runaflek yang sering disebut sebagai stempel manual merupakan stempel yang paling umum digunakan oleh berbagai bidang usaha. Pada awalnya pembuatan stempel ini cukup rumit, yaitu dengan mengukir teks / gambar di karet stempel. Seiring perkembangan jaman, pembuatannya stempel runaflek tidak rumit lagi. Mulai dari teknik pembakaran menggunakan gips, kemudian menggunakan penyinaran UV, dan yang paling canggih menggunakan laser cutting. Ciri khas dari stempel ini yakni menggunakan bantalan sebagai tempat tinta dan hanya menggunakan satu warna saja.


2. Stempel Emboss
Stempel emboss memiliki relief stempel yang terbuat dari logam dan penggunaannya tidak memerlukan tinta sama sekali. Cukup diberi tekanan pada permukaan kertas, maka relief stempel akan membuat permukaan kertas menjadi timbul mengikuti bentuk relief stempel. Biasanya stempel ini sering dipakai untuk ijazah, sertifikat, dan sebagainya.


3. Stempel Flash atau Pre Ink
Stempel Flash memakai bahan khusus yang sudah didesain terlebih dahulu dan bahan tersebut mampu menyerap tinta sehingga mampu memiliki beberapa warna dalam sekali pengecapan.


4. Stempel Lax atau Wax
Stempel Lak/Wax menggunakan lilin atau lak yang dibakar lalu diteteskan pada dokumen. Sebelum lilin atau lak mengering, diberi pengecapan agar relief stempel tercetak diatasnya. Hasil pengecapan dari stempel lak memberikan kesan yang artistik, berharga sekaligus sebagai pengaman. Biasanya stempel Lak sering digunakan untuk segel amplop, surat berharga, undangan, ataupun kemasan barang.


5. Stempel Tanggal atau Dater
Biasanya stempel ini sudah didesain memiliki tanggal, bulan dan tahun yang dapat diubah. Stempel yang dapat diubah ini tentunya karena mengikuti waktu ketika dokumen atau surat diberi pengecapan. Ada dua macam stempel tanggal yang biasanya sering digunakan, yaitu:
- Stempel tanggal sederhana yang masih memerlukan bantalan tinta untuk pengecapan.
- Stempel tanggal otomatis (self ink dater) yang sudah memiliki bantalan tinta didalamnya.


Itulah 5 jenis stempel yang sering digunakan oleh bidang usaha pada umumnya. Jangan salah sangka, stempel juga menjadi salah satu hal penting dalam menjalankan usaha yang lazim digunakan sebagai bentuk pengesahan. Jadi, alangkah baiknya untuk tahu jenis stempel ini sebelum memulai usaha, ya.